Jika sholat saya belum khusyuk, maka saya perlu mengevaluasi kadar iman saya?

Yang sangat saya suka dari mendengarkan kajian dari rodja.tv adalah bahwa kajian tersebut sarat dengan ilmu. Banyak sekali ilmu (yang relatif) baru untuk saya dengan mendengarkan kajian di rodja.tv ataupun di radio rodja 756 AM tersebut.

Dan satu lagi daya tarik kajian di rodja.tv atau radio rodja adalah bahwa penyampaian kajiannya dilakukan dengan terstruktur dan berdasar pada poin-poin besar tertentu.

Mungkin hal tersebut dapat terjadi karena ijin Allah subhana wa ta’ala tentunya dan karena setiap ustadz yang memberikan kajian tersebut bertitel Lc. dan ada beberapa ustadz yang adalah lulusan Universitas Islam Madinah pula, sehingga mereka terbiasa dengan bahasan ilmiah yang terstruktur. Masya Allah.

Ini adalah tulisan rangkuman dari salah satu video di Rodja.tv dengan judul “Khusyuk dalam Sholat” oleh Ustadz Muhammad Nuzul Zikry, Lc.

Jikalau teman-teman shalih dan shalihah ingin mendengarkan rekaman aslinya, teman-teman dapat ke halaman depan rodja.tv kemudian search keyword “khusyuk” maka akan tampil link untuk video tersebut di hasil pencarian paling atasnya.

Atau bisa juga langsung klik di link ini , in sha Allah akan sampai ke video tersebut.

 

Dalam Kajian Khusyuk dalam Sholat ini, Ustadz membagi penjelasannya dalam 4 bagian besar tema:

  1. Definisi khusyuk
  2. Keutamaan Sholat Khusyuk, agar kita lebih bersungguh-sungguh dalam melakukan sesuatu jika kita tahu apa yang akan kita dapat di kemudian hari. Poin ini saya kita menciptakan visi manusia dalam menegakkan sholat khusyuk.
  3. Penghalang sholat khusyuk
  4. Kiat-kiat sholat khusyuk

 

Di awal-awal kajian, Ustadz memberikan pengertian bahwa khusyuk adalah hal yang sangat berat dan sangat tidak mudah untuk dikerjakan. Namun sebagai manusia, kita harus terus mencari ilmu dan terus berusaha mengamalkan apa dan bagaimana sholat khusyuk itu.

Semoga Allah memudahkan jalan kita semua untuk mencapai kekhusyukan sholat. Setidaknya mendekati kekhusyukan Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa salam dalam sholatnya. Dan betapa beliau shalllahu ‘alaihi wa salam, saat penat dan butuh refreshing, melakukan sholat dan kemudian merasa tenang dengan sholat-nya itu. Dan saat sholat sunah lail-nya pun, beliau bisa berlama-lama khusyuk hingga kakinya bengkak. Masya Allah.

(Bahkan saya belum bisa mengerti sampai tulisan ini diterbitkan, bagaimana cara dan bentuk kaki yang bengkak karena sholat itu. ๐Ÿ˜ฆ)

 

1.Definisi khusyuk

Khusyuk dari segi bahasa : ketenangan, ketundukan dan kerendahan.

Khusyuk dari segi istilah: ketika hati seorang hamba berada di hadapan Allah dalam keadaan tunduk dan rendah.

Orang yang sholat dalam keadaan khusyuk, hatinya tidak pernah lepas dari Allah, selalu tunduk, selalu merasa rendah kepada Allah, dan hatinya diliputi ketenangan.

 

2.Keutamaan Sholat Khusyuk

Fitrah manusia: ilmu tentang keutamaan sesuatu terhadap manusia, jika diketahuinya, maka manusia itu akan lebih bersungguh-sungguh dalam melakukan sesuatu itu.

Arti keutamaan adalah guna sesuatu itu terhadap dirinya.

“Ketika dia sholat, maka dia sholat untuk dirinya sendiri”

(Hadist riwayat Muslim).

Allah sama sekali tidak butuh dengan sholat khusyuk hambanya.

a. Sholat yang khusyuk adalah karakter dan sifat orang-orang yang beriman

  • Jika belum sholat khusyuk, maka kita perlu mengevaluasi kadar iman kita (JLEBBBBB)
  • Karena sesuai dengan salah satu ayat di surah Al Mu’minun bahwa beruntunglah orang-orang beriman, adalah orang-orang yang khusyuk ketika mengerjakan ibadah sholat

Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman,

(yaitu) orang-orang yang khusyuโ€™ dalam sembahyangnya,

dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna,

dan orang-orang yang menunaikan zakat,

dan orang-orang yang menjaga kemaluannya,

kecuali terhadap isteri-isteri mereka atau budak yang mereka miliki[994]; maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada terceIa.

Barangsiapa mencari yang di balik itu[995] maka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas.

Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya.

dan orang-orang yang memelihara sembahyangnya.

Mereka itulah orang-orang yang akan mewarisi,

(yakni) yang akan mewarisi syurga Firdaus. Mereka kekal di dalamnya.

Al Quran Surah Al Mu’minun (23) ayat 1 – 11

b. Sholat yang khusyuk akan membuat seorang hamba menikmati sholatnya

  • Dapat menikmati Al Fatihah misalnya: tahu maknanya dan dapat merenungi dengan hatinya
  • Proses membutuhkan pengorbanan dan kesabaran (hubungan pernyataan ini dengan sub judul keutamaan khusyuk dalam sholat bisa dilihat di poin dibawah ini)
  • Orang-orang pilihan adalah orang yang menikmati hasil pengorbanannya dan menikmati prosesnya juga (hasil dan proses. menikmati hasil sholatnya dan menikmati selama prosesnya)
  • contohnya: yang bangun jam 2 pagi untuk nonton bola; dia pasti mencintai bola; orang yang mencintai bola menikmati proses terjadinya gol tersebut. dan juga menikmati hasil gol tersebut. Buat apa bangun dini hari hanya untuk menonton proses nya bila tidak mencintai hal tersebut, bisa saja hanya dengan menikmati hasilnya tok, di berita olah raga di pagi harinya.
  • Begitu juga dalam agama. Mencintai Allah, mencintai ibadah kepada Allah
  • Contoh lain: Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa salam menginginkan jihad perang dan mati syahid (dalam hadist shahih). Karena mati syahid itu meng-hasil-kan surga. Dan beliau juga menginginkan proses-nya juga dengan jihad perang.
  • Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa salam, kalau sedang penat, mengajak Bilal untuk sholat, beliau refreshing dengan sholat. Maka tidak heran saat beliau sholat, kakinya sampai bengkak. Dan beliau saat sholat malam, membaca surat AL Baqoroh, dilanjutkan dengan surat An Nisa, kemudian dilanjutkan dengan surat Ali Imran. Itu semua dalam satu rakaat. Tandanya beliau menikmati sholat.

c. Sholat yang khusyuk mampu menghapus dosa-dosa kita

d. Sholat yang khusyuk adalah kunci surga

  • Tidaklah seorang muslim wudlu dan memperbagus wudhu-nya dan beliau sholat dua rakaat, dan ketika beliau mengerjakan sholat tersebut, dia memalingkan hati dan pikirannya kepada Allah subhana wa ta ‘ala , maka surga wajib baginya. Masya Allah

โ€œTidaklah seorang Muslim berwudhu, lalu memperbagus wudhunya, lalu ia melakukan sholat dua rokaat dengan sepenuh hati dalam dua rakaat tersebut menghadapkan hati dan wajahnya, melainkan surga pasti berhak is dapatkan.โ€ – Hadist Riwayat Muslim-

 

3. Penghalang sholat khusyuk

a. Lemahnya iman bahwa kita akan kembali kepada Allah subhana wa ta ‘ala

  • Dalilnya adalah surah Al Baqoroh (2) ayat 45-46 tentang mintalah pertolongan kepada Allah dengan sabar dan sholat. Dan mengerjakan hal tersebut itu adalah hal yang sulit kecuali orang yang khusyuk. Orang yang khusyuk adalah orang yang yakin bahwa mereka akan berjumpa dan akan kembali kepada Allah subhana wa ta ‘ala.

b. Penghalang sholat khusyuk yang kedua adalah bisikan syaiton

  • Jika dikumandangkan adzan , maka syaiton akan lari sambil buang angin sampai dia tidak mendengar adzan. Dan ketika adzan selesai dikumandangkan, maka syaiton akan kembali lagi sampai iqomat dikumandangkan. Lalu dia kembali lagi dan memulai kegiatannya. Syaiton akan bilang “ingatlah hal ini” terhadap hal-hal yang kita lupakan, sampai orang itu akan bingung sudah berapa rakaat dia kerjakan.
  • Jadi jikalau ada orang yang bilang, “jika lupa sesuatu, maka sholatlah”, maka hal tersebut sebenarnya keliru. Hal itu sebenarnya adalah pintu bagi syaiton untuk menggoda manusia agar manusia tidak lurus mengingat Allah, bersifat tunduk dan rendah di hadapan Tuhannya, Allah subhana wa ta ‘ala. Justru itu adalah godaan untuk tidak khusyuk dalam sholatnya.

Apabila panggilan shalat dikumandangkan, maka setan akan lari terbirit-birit sambil terkentut-kentut hingga ia tak lagi mendengar (suara) adzan tersebut, maka apabila adzan telah selesai dikumandangkan ia akan kembali, & apabila iqamah dikumandangkan setan akan segera berpaling, jika iqamah telah selesai dikumandangkan ia akan kembali lagi (untuk mengganggu manusia) hingga ia membersitkan dalam hati seseorang dgn mengatakan ‘Ingatlah hal ini & itu’ dari hal-hal yg sebelumnya tak ia ingat. Abu Muhammad berkata; Tsuwwiba maksudnya adl didirikan. [HR. Darimi No.1178].

 

4. Kiat-kiat sholat khusyuk

a. Selalu ingat kematian sebelum dan saat sholat

  • Karena sholat adalah amal yang pertama kali dihisab saat hari kiamat
  • Saat sholat dan ingat mati, maka dia memperbagus sholatnya, karena dia tahu ini modalnya
  • Sholatlah sebagaimana seseorang yang menganggap bahwa setelah sholat ini, tidak akan sholat lagi

b. Sholat seakan-akan engkau melihat Allah

  • layaknya cctv ๐Ÿ˜€

c. Berusaha memahami dan mempelajari setiap bacaannya, kemudian ditadaburi.

  • Setiap bacaannya, termasuk lafal Allahu Akbar. Apa artinya? Allah Maha Besar. Bahwa Allah itu Yang Maha Besar, lebih besar dari hal-hal yang kita pikirkan ketika sholat, lebih besar dari hal-hal / aktifitas yang sedang mencuri perhatian kita ketika kita sholat. Kalau kita ucapkan dengan penuh keyakinan, maka kita tidak mau memalingkan pikiran kita ketika kita sholat, karena kiat meresapi bahwa tidak ada yang bisa menandingi Allah. Tidak ada yang layak dipikirkan kecuali Allah.
  • Al Fatihah: Alhamdulillahi Rabbil ‘Alamin – saat kita membaca, maka Allah akan berbicara pada malaikat, membicarakan kita, bahwa ada hambaKU yang sedang memujiku
  • Al Fatihah : Ar rahmanirrahim : “HambaKU kembali memuji DIRIKU”
  • Al Fatihah : Malikiyaw middin : “HambaKU sedang memuliakan DIRIKU”
  • Al Fatihah : Iyyakana’budu wa iyya kanasta’in : “Ini antara AKU dengan hambaKU. Dan hambaKU akan mendapatkan apa yang dia minta”
  • Ketika pembantu kita ingin meminta cuti, kalau dia mintanya males-malesan, maka mau nggak kita kasi cutinya?
  • Al Fatihah : ihdinashirotol mustaqim, shirotolladzina an’am ta ‘alaihim ghoiril maghdhuubi ‘alaihim wa ladhooo’lliin : “Ini untuk hambaKU, maka hambaKU akan mendapatkan apa yang dia minta”
  • semuanya itu hadist shahih diriwayatkan oleh Imam Muslim
  • Pelajari bacaan tentang sholat, agar syaiton tidak mengambil momentum tersebut untuk membuat sholat kita tidak khusyuk

d. Senantiasa berdoa kepada Allah subhana wa ta ‘ala agar Allah memberi kita kekhusyuk-an

  • Salah satu doa yang dilakukan oleh Muhammad Shalallahu ‘alaihi wa salam, diriwayatkan oleh Imam Muslim :

ุงูŽู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ุฅูู†ู‘ููŠ ุฃูŽุนููˆู’ุฐูุจููƒูŽ ู…ูู†ู’ ุนูู„ู’ู…ู ู„ูŽุง ูŠูŽู†ู’ููŽุนู ูˆูŽู…ูู†ู’ ู‚ูŽู„ู’ุจู ู„ูŽุง ูŠูŽุฎู’ุดูŽุนู ูˆูŽู…ูู†ู’ ู†ูŽูู’ุณู ู„ูŽุง ุชูŽุดู’ุจูŽุนู ูˆูŽู…ูู†ู’ ุฏูŽุนู’ูˆูŽุฉู ู„ูŽุง ูŠูุณู’ุชูŽุฌูŽุงุจู ู„ูŽู‡ูŽุง

 โ€œYa Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, hati yang tidak khusyuk, jiwa yang tidak merasa kenyang (puas), dan dari doa yang tidak dikabulkan.โ€ (HR . Muslim no. 2722 dari Zaid bin Arqam radhiyallahu โ€˜anhu)

  • Doa adalah senjata bagi orang yang beriman
Iklan

Ditulis oleh

Seorang Muslim. Seorang Ibu baru dari satu anak laki-laki (per sekarang :)) Memutuskan untuk memulai blogging sejak 2015 saat saya merasa butuh "bekerja" di samping tugas utama saya sebagai Ibu. Saya pernah bekerja di lingkungan kantoran di perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia selama 6 tahun lebih hingga tahun 2014. Pernah belajar Administrasi Bisnis juga. Dan belajar Teknik Informatika sebelumnya. Sekarang fokus "pekerjaan" saya di luar tugas utama adalah jualan dan manage blog katakanya.id ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s