Ada apa saja di Pekan Raya Indonesia 2016?

Ini adalah ulasan singkat tentang Pekan Raya Indonesia 2016 yang saya datangi per 21 Oktober 2016 kemarin.

Fakta dan saran dari Pekan Raya Indonesia 2016 dari sudut pandang mommy-mommy creativepreneur:

(yang tujuan utama ke sana adalah mau coba snow experience-nya)

1. Htm untuk weekdays adalah 25k idr, weekend 35rb idr.

Untuk anak di bawah 3 tahun dan orang tua di atas 60 tahun, masuknya gratis.

Orang tua yang di atas 60 tahun bisa masuk dengan menunjukkan ktp.

bagian-depan

 

  1. Ticket box nya di hall 6, namun pamerannya ada di sepanjang hall 1, hall 2, hall 3, hall 3a, hall convention center, hall 5 ,hall 6, hall 7, hall 8, hall 9, dan hall 10

Dengan informasi bahwa tiap satu hall di ICE BSD berukuran 5000 m2 dan berasumsi punya panjang dan lebarnya adalah 50 m x 100 m, maka untuk jalan dari hall satu ke hall lainnya membutuhkan tenaga untuk berjalan kaki menempuh minimal 50 m.

Jadi kalau teman-teman parkir di Hall 3 dan kemudian harus beli tiket di Hall 6, kemudian jalan ke hall 9 untuk mencari tempat mainan anak-anak, dan kemudian pulang ke tempat parkir lagi, total jarak tempuhnya adalah (minimal) 700 meter.

FYI, saya yang menggendong anak umur 20 bulan-an dan kedua orang tua saya yang berumur di atas 60 tahun merasa sangat lelah selama kami 2 jam berada di sana. Jadi please be smart dengan calculated plans in hand sebelum ke Pekan Raya Indonesia. Saran saya, jika membawa batita dan terbiasa menggunakan stroller, please do so. Dan juga pilihlah tempat parkir yang mendukung ketersediaan energi teman-teman dan keluarga teman-teman. Mungkin lebih baik parkir di Hall 6 ya, yang dekat dengan ticket box.

IMG_6685.JPG

 

  1. Ada tempat sholat yang nyaman di lantai 2 Hall 6 dari ICE BSD. Mungkin sedikit kecil jika dibandingkan dengan ukuran hall yang digunakan untuk pameran. Kira-kira bisa menampung 30 orang yang sholat sekaligus, namun pintu masuk tempat shoatnya hanya cukup untuk 2 orang yang masuk bersamaan. Dan tempat wudhu-nya hanya ada 2 aliran.

Saran untuk ke lantai 2-nya, lebih baik menggunakan tangga untuk menghemat energi berjalan. Sepertinya kalau menggunakan lift, jadinya malah muter.

 

  1. Di Hall 6 dan Hall 7 ada pameran perabotan rumah, dari kasur hingga perabotan yang dijual oleh Ace Hardware dan Informa.

Di bawah ini adalah foto dari lantai 2 tempat sholat untuk keadaan Pameran di Hall 5, Hall 6 dan Hall 7:

 

  1. Tempat bermain anak-anak adalah Hall 9. Namun saat kami ke lokasi, snow experience-nya masih tutup, conjuring house juga masih tutup, paint ball spot juga masih tutup.

hall 9 - snow experience.jpg

Yang sudah terbuka adalah: lokasi naik becak mini, istana balon, trampoline dan tempat bermain seperti di mall yang terdapat kuda-kuda-an atau mobil-mobil-an yang bergerak menggunakan koin.

hall 9 - istana floated.jpg

Ada juga tempat berfoto dengan latar belakangnya adalah burung rajawali besar yang disusun dari 1000 tempat duduk plastik. Namun, lokasi ini juga belum dibuka untuk umum dan hanya bisa dilihat dari luar pagar pembatas.

Dan karena anak saya berumur 20 bulan dan masih takut untuk naik becak mini, atraksi yang kami datangi hanyalah istana balon dan kami perlu membayar tambahan 25k idr untuk masuk.

FYI, sepertinya untuk naik becak mini, istana balon dan trampoline, butuh ada tiket tambahan seharga 25k idr tersebut.

 

  1. Masih di Hall 9 di dekat tempat bermain anak, ada lokasi tempat jajanan kuliner. Mostly adalah jajanan tradisional.

Yang saya beli saat kemarin hanya es cincau hijau dan bacang ayam.

FYI, harganya relatif lebih mahal dibandingkan harga pasaran. Harga es cincau hijau adalah 15k idr per porsi dan harga bacang ayam adalah 20k idr per porsi.

lorong food court.jpg

 

  1. Ada tempat jajanan popular khas mall yang tersedia di dekat ticket box di Hall 6. Tempatnya seperti food truck extension yang juga menyediakan tempat makan di depan truknya. Tenant yang saya ingat ada di sana adalah : tenant masakan padang, chat time, yoshinoya, kerak telor, ice cream.
  1. Balik ke Hall 9 di tempat main anak, di salah satu tenant bertempat di depan lokasi snow experience itu ada booth dengan judul “metcha-blade”. Sejujurnya kami belum pernah melihat filmnya (katanya ada filmnya), dan secara sederhana mainan yang ditawarkan oleh “metcha-blade” ini adalah permainan tanding gasing modern. Gasingnya dibuat modern dengan energi yang bergerak dari baterai dan bisa dinyalakan dengan sensor gerak. Jadi anak umur 20 bulan yang curious tentang mainan berbentuk lingkaran dan bisa berputar bisa juga ikut menyalakan “gasing” tersebut hanya dengan melambaikan tangan di atas mainan itu.

mecha blade2.jpg

Sepenuhnya bukan iklan, hanya saja anak saya tertarik lebih lama di tenant ini daripada di tempat yang lain di Pekan Raya Indonesia ini.

Entah mungkin karena mas-mas-nya yang sangat baik terhadap anak-anak dan membuat mereka nyaman. Atau memang karena gasing berputarnya yang membuat tertarik.

Setelah ditanya harga, harga satu gasing adalah 90k idr. Dan jika beli dua, bisa mendapatkan gratis tempat bermainnya. Dan kayaknya kurang asik  kalau hanya beli satu gasing, karena konsep mainannya adalah tanding gasing.

mecha blade 3.jpg

Akhirnya saya pun tidak membelinya 😀

 

  1. Di Hall 5, ada tenant yang jualan baju ala bazar, ada juga yang jualan mainan anak-anak yang kecil-kecil seperti Tamiya, ada juga yang jualan pernik-pernik lucu seperti kincir lucu kecil seperti di gambar bawah seharga 10k idr. Dan di dalam tenant yang jualan pernik-pernik lucu itu, ada miniature dari plastik dari segala jenis makanan seperti keju, pizza, French fries, telur mata sapi yang touch and feel-nya nampak seperti beneran. Namun harganya juga sedikit pricey. Replika cupcakes kecil harganya 45k idr. Ada replika buah-buahan juga dan ada replika semangkuk ramen juga, lengkap seperti ramen sebenarnya. IMG_6724.JPG
  1. Di lobi Convention Hall ada pameran perumahan Sinar Mas
  1. Dan di lobi Convention Hall ini juga ada satu booth permainan tradisional Indonesia yang diperagakan oleh mas-mas-nya.

Demikianlah 11 review  saya terhadap Pekan Raya Indonesia 2016 yang terselenggara selama tanggal 20 Oktober 2016 hingga 8 November 2016.

Maaf jika tulisannya tidak terlalu excited karena memang itulah yang kami rasakan setelah berkeliling arena pameran.

Baiklah, Happy jalan-jalan, Mommies!

Salam katakanya, salam creativepreneur mommy 🙂

Iklan

Ditulis oleh

Seorang Muslim. Seorang Ibu baru dari satu anak laki-laki (per sekarang :)) Memutuskan untuk memulai blogging sejak 2015 saat saya merasa butuh "bekerja" di samping tugas utama saya sebagai Ibu. Saya pernah bekerja di lingkungan kantoran di perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia selama 6 tahun lebih hingga tahun 2014. Pernah belajar Administrasi Bisnis juga. Dan belajar Teknik Informatika sebelumnya. Sekarang fokus "pekerjaan" saya di luar tugas utama adalah jualan dan manage blog katakanya.id ini.

2 respons untuk ‘Ada apa saja di Pekan Raya Indonesia 2016?

  1. Lagi searching review-nya snow experience pekan raya indonesia, eh nemu blog Kanya. Jadi ragu-ragu mau kesana, jangan-jangan sampai sekarang masih belum operasi juga tuh wahana salju-nya, soalnya cari review di internet ngga nemu satupun hohoho. Overall experience ga terlalu seru ya datang ke situ?

    Suka

    1. Hihihi. *jadi keinget pernah janji review apps nya Tresna 😓

      Iya euy, overall experience nya kurang seru. Tapi mungkin karena gw datengnya pas awal buka banget yaa

      Coba cek ig nya tanyalarasati , dia punya anak batita 1tahunan dan kayaknya endorser nya pelan raya indonesia. Kayaknya feed ig nya ttg event ini positif. Mungkin bisa lihat dari sudut pandang yg bedaa, Tresnaaa

      Rasanya snow2an nya udah buka kata si mba call center nya (gw nelpon minggu lalu), cobian aja ditelpon lagii. Ada notel nya di website resminyaa

      Kiss kiss buat 2 princess 😚😚😚

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s