Pakaian anaknya Rasulullah shalallahu alaihi wa salam gimana si modelnya?

Tulisan ini terinspirasi dari obrolan wassapan dengan sahabat. Katakanlah namanya Puspa, Puspa Sari Dewi.

Pertanyaannya simple: “kalau baju cewe udah bener itu bisa dipake shalat tanpa pake mukena ya?”

Mannn, this question lingers in my mind forever deh. Rasanya tahu jawabnya, tapi nggak mau diomongin karena tahu konsekuensinya harus dilakukan juga.

Kemudian brand katakanya apparel yang sebelumnya menyediakan produk baju rajut dewasa dan sekarang masuk ke segmen anak-anak juga terbentur dengan ideologi saya sebagai seorang muslim.

Harus bagaimana sih model bajunya supaya sesuai dengan hati dan pikiran saya? Supaya jualannya nggak sekedar mencari uang tapi juga mencari berkah Allah.

Sebagai muslimah mommy, kalau saya balik lagi ke meneladani Rasulullah shalallahu alaihi wa salam sebagai contoh gaya hidup manusia, saya sangat ingin tahu bagaimana Khadijah radhiallahu anha berpakaian, bagaimana Aisyah radhiallahu anha berpakaian, bagaimana istri-istrinya yang lain juga berpakaian, juga bagaimana putri-putrinya berpakaian.

Harusnya si, cara mereka semua itu berpakaian sudah dapat persetujuan dari imam mereka ya, dari Rasulullah shalallahu alaihi wa salam.

Dan cara mereka berpakaian itu bisa dicontoh oleh saya.

Ditambah lagi, kesenangan saya dengan olah raga lari dan aktifitas-aktifitas lain yang menuntut fleksibilitas pakaian yang tidak membatasi (seperti berlari mengejar anak misalnya), menuntut saya untuk ingin tahu lebih banyak tentang bagaimana mereka semua berpakaian.

Toh, ada riwayat Aisyah radhiallahu anha pernah lomba lari dengan Rasulullah shalallahu alaihi wa salam. 

Wondering bagaimana model pakaian yang dikenakan beliau saat lomba lari itu ya.

Hasil riset sementara, model pakaian keluarga Rasulullah shalallahu alaihi wa salam yang perempuan yang saya temukan adalah model pakaiannya Fatimah binti Muhammad.

Ini adalah pakaian yang pernah dikenakan oleh Fatimah radhiallahu anha yang ada di istana Topkapi di Turki yang sempat diabadikan oleh juru bicara Hizbut-tahrir Indonesia dalam akun twitter-nya @ismailyusanto .

Warnanya coklat, bahannya (mungkin) semacam linen karena serat benangnya terlihat jelas, dan modelnya A line dimulai dari bawah lengan hingga ujung kaki.

Menarik ya!

Kalau dicocok-cocokkan dengan aturan berbusana muslimah sesuai dengan Al Quran dan apa yang Rasulullah shalallahu alaihi wa salam pernah katakan maka pakaian Fatimah radhiallahu anha cocok dan sesuai.

Dalam Al Quran surat An Nur ayat 31 yang terjemahnya adalah 

“Katakanlah kepada wanita yang beriman, “Hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kehormatannya; janganlah mereka menampakkan perhiasannya kecuali yang (biasa) tampak padanya. Wajib atas mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya. (QS an-Nur [24]: 31)””, 

mengandung pengertian bahwa wanita muslimah perlu menutupkan kain kerudung (khimar) hingga menutupi kepala, leher dan dadanya.

Dalam ulasan di muslimberjuang.wordpress.com , kaidah bahasa Arab dari frasa mâ zhahara minhâ (yang biasa tampak padanya) di ayat di atas mengandung pengertian wajah dan kedua telapak tangan. 

Hal ini dapat dipahami dari beberapa hadis Rasulullah shalallahu alaihi wa salam (yang tidak saya cantumkan disini)

Sedangkan di Al Quran surat Al Ahzab ayat 59 dengan terjemahnya 

“Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang Mukmin: Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. (QS al-Ahzab [33]: 59), 

mengandung pengertian bahwa jilbab itu adalah sesuatu yang menutup seluruh tubuh.

Dalam bahasa arab, kata jalâbîb yang terdapat dalam ayat tersebut adalah jamak dari jilbâb. 

Dalam bahasa arab, arti dari jilbab adalah sejenis mantel atau baju yang serupa dengan mantel (mengutip dari sumber yang sama )

Yesss, berbeda dari yang saya mengerti selama ini bahwa jilbab adalah yang dikenakan di atas kepala hingga dada, jilbab sebenarnya adalah baju panjang yang menutup ke seluruh tubuh.

Dan mengambil juga dari tulisan disini, gambar berikut ini dapat mepresentasikan dengan baik apa yang disebut dalam 2 ayat Al Quran di atas tentang cara berpakaian wanita yang benar.

Sehingga bukti pakaian jilbab yang pernah dikenakan oleh Fatimah radhiallahu anha dalam istana Topkapi dalam gambar di atas sesuai dengan aturan dalam Al Quran.

Plus mengubah pandangan saya tentang cara berpakaian yang benar 😊

Jadi sebenarnya ada 2 jenis pakaian untuk menutup tubuh wanita yakni kerudung dan jilbab.

Apa itu kerudung?

Adalah yang menutup kepala, leher dan dada.


Apa itu jilbab?

Adalah yang menutup ke seluruh tubuh wanita. Dengan model jilbab yang kurang lebih sama dengan yang pernah dikenakan oleh Fatimah radhiallahu anha itu.


Ahhh
, senangnya belajar sejarah seperti ini. Walaupun masih tetap wondering bagaimana pakaian yang dikenakan oleh Aisyah radhiallahu anha saat dulu lomba lari dengan Rasulullah shalallahu alaihi wa salam.

Akan lebih senang lagi kalau diberi modal oleh suami atau oleh siapapun untuk bisa belajar sejarah lebih banyak lagi tentang pakaian istri-istri dan anak-anak perempuan Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa salam dengan lebih detail lagi, langsung dari entah Makkah, Madinah, Turki atau negara-negara yang punya bukti otentik sejarah tentang itu.

Hehehe

Until then, stay true, my creativepreneur muslimah mommies!

Iklan

Ditulis oleh

Seorang Muslim. Seorang Ibu baru dari satu anak laki-laki (per sekarang :)) Memutuskan untuk memulai blogging sejak 2015 saat saya merasa butuh "bekerja" di samping tugas utama saya sebagai Ibu. Saya pernah bekerja di lingkungan kantoran di perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia selama 6 tahun lebih hingga tahun 2014. Pernah belajar Administrasi Bisnis juga. Dan belajar Teknik Informatika sebelumnya. Sekarang fokus "pekerjaan" saya di luar tugas utama adalah jualan dan manage blog katakanya.id ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s