How to stands out in online shop crowd – lesson learned from babyloania

(FYI, i did mention a brand name here but without any commercial affiliation. It is just a full respect of the way that brand doing business)

Ide tulisan ini terinspirasi saat saya berusaha mencari carrier batita dengan merek tertentu saat beberapa bulan yang lalu.

Lalu saya mengetikkan beberapa search keyword tertentu di kotak pencari google.

“Sewa [salah satu merek carrier bayi] jakarta”. 

“Sewa [salah satu merek carrier bayi] jakarta selatan. 

“Rental [salah satu merek carrier bayi] jakarta.

Dari satu halaman google saja, bisa ditemukan 6 merek sewa peralatan bayi / balita yang menyediakan layanan yang sama.

Tapi ada satu merek sewa peralatan bayi yang stands out the crowd. Babyloania.com.

Not to say every other brands else is bad, tapi beberapa kriteria inilah yang membuat saya menjatuhkan pilihan untuk melakukan sewa kepada babyloania.

1. Punya web yang keren

Sleek design. 

Coba saja teman-teman googling dengan keyword seperti saya atau sesuai dengan kebutuhan sewa teman-teman.

Hasilnya? Bahkan sebelum klik ke link yang sebenarnya, sudah ada informasi availability dari barang yang dicari dari babyloania. Plus ada keterangan harganya juga.

Dilihat dari pemilihan warna background website-nya yang berwarna putih, terlihat komitmennya untuk membuat fokus mata pengunjung web hanya di gambar produk yang disewakan.

Tulisan merek-nya pun dibuat simple dengan huruf kecil semua dan curvy yang menimbulkan kesan dinamis dan quick adapt to change.

Design di dalam halaman web-nya juga tidak overload dengan item yang berlebih. Cukup item-item yang penting seperti link menu, link cart dan keterangan produk.

Simple dan informatif adalah kata-kata yang bisa mencerminkan design web-nya.

2. Content gambar menarik

Content gambar adalah jendela informasi yang bisa menjadi penentu to buy or not to buy.

Gambar-gambar produknya dibuat berlatar putih sehingga saat diletakkan di halaman web-nya mereka, gambar produk yang disewakan dapat menjadi fokus perhatian pengunjung.

Pemotretan produknya juga dilakukan profesional, setidaknya saya kira tidak menggunakan kamera smartphone. Nggak asal jadi maksudnya.

Setiap produk yang disewakan, difoto dengan model untuk memperlihatkan bagaimana cara penggunaannya dan juga difoto tanpa model dengan berbagai sisi angle agar calon penyewa dapat lebih detail melihat produknya.

3. Easy and informative order @ web

Yes. As i mention before, bahkan informasi harga dan availability (in stock or not) sudah ada di halaman pertama hasil pencarian google.

Dan untuk setiap kali sewa ada informasi harga sewa per periode dan kita bisa memilih periode sewa yang diinginkan bersama dengan start date-nya dan berapa quantity-nya.

Nampak seperti informasi yang seharusnya ada dan itu adalah hal yang normal ya? 

Iya si, tapi ada lho merek sewa peralatan bayi lain yang mencantumkan informasi harga, pilihan periode sewa-nya, namun tidak ada pilihan start date mulai sewanya di web.

Walaupun memang behavior customer indonesia itu tidak terlalu senang melakukan ordering lewat web si. Kalau ada nomor telepon yang bisa dihubungi atau di-whatsapp, mereka akan langsung menggunakan jalur itu.

Namun concern untuk stays informative dalam ordering page di web is a good way to go.

4. Responsive cs

Kembali kepada ordering lewat line atau jalur pribadi yang lain, customer service babyloania memang responsive.

Pengalaman saya saat dihubungi oleh cs-nya adalah saat terkait pengembalian barang sewa dengan ojek online.

Mereka mengingatkan saat batas waktunya sudah dekat dan mengingatkan kembali saat sudah due

Dan saat sudah diterima pun, mereka memberi update.

Nahh, Enough with the review, all I am saying with all those above is masuk ke bisnis yang sudah padat supplier, red ocean, seperti halnya bisnis sewa peralatan bayi (apalagi kalau kita memang bukan pionirnya), kita bisa menjadi “terlihat” dan sukses membangun merek kita adalah dengan teknik marketing yang baik, dan teknik online marketing yang baik pun termasuk di dalamnya.

Walaupun terlihat simple dan everyone can do it, namun semua hal dari 4 poin-poin di atas tentang design web yang baik, content foto yang informative dan easy ordering from the web membuat babyloania stands out the online crowd of baby equipment rental.

Buat saya, karena 4 alasan di atas itulah, merek babyloania menjadi merek yang reliable dan trusted untuk sewa peralatan bayi.

Per sekarang si, saya belum menemukan ada merek yang melakukan sewa peralatan bayi yang lain yang mempunyai keunggulan online marketing seperti yang sudah disebutkan di atas.

Barang yang disewakan oleh para pelaku bisnis sewa bisa mempunyai merek yang sama, karena supplier barang peralatan anak ya memang itu-itu saja, tapi bagaimana pengemasannya kepada customer, mungkin itu yang membedakan.

Kenyatannya adalah bahwa website dan semua fiturnya itu merupakan tools marketing utama di jaman belanja online seperti sekarang. Dan bisa membuat perbedaan antara satu merek dan merek lainnya.

Jadii, mari semangat meramaikan online crowd, creatives!

Iklan

Ditulis oleh

Seorang Muslim. Seorang Ibu baru dari satu anak laki-laki (per sekarang :)) Memutuskan untuk memulai blogging sejak 2015 saat saya merasa butuh "bekerja" di samping tugas utama saya sebagai Ibu. Saya pernah bekerja di lingkungan kantoran di perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia selama 6 tahun lebih hingga tahun 2014. Pernah belajar Administrasi Bisnis juga. Dan belajar Teknik Informatika sebelumnya. Sekarang fokus "pekerjaan" saya di luar tugas utama adalah jualan dan manage blog katakanya.id ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s