How to make a brand profile (with free downloadble template)

Bagi teman-teman yang memiliki usaha dan ingin mengembangkan usahanya dengan ikut popup market atau join online marketplace, sebuah dokumen brand profile merupakan salah satu syarat penting dan akan menjadi identitas penentu.

Bisa ikut atau tidaknya brand teman-teman ke popup market yang diinginkan bisa bergantung pada seberapa menarik dokumen brand profile teman-teman.

Bisa ikut join online marketplace (seperti hijup, hijabenka dan yang lainnya) atau tidaknya brand teman-teman pun bisa bergantung pada isi dari brand profile teman-teman.

Good (sometimes best) quality product is a must but how you present your brand is also important.

Intinya adalah brand profile ini adalah pintu pertama yang meyakinkan partner kita untuk bekerja sama dengan brand kita.

Level of important-nya : important banget!

Dan oia, sebuah brand profile bisa dibuat dalam bentuk tulisan ataupun dalam bentuk video ya. Nah, ulasan di artikel kali ini akan membahas khusus yang berbentuk tulisan.

Lets start!


Perlu tahu audience pembaca dokumen brand profile kita terlebih dahulu

Siapa yang akan membaca brand profile kita? Dan informasi apa saja yang dia butuh lihat dalam brand profile kita? Adalah pertanyaan pertama (dan kedua) yang harus teman-teman jawab dahulu sebelum membuat brand profile.

Untuk contohnya brand saya, katakanya, di tahun 2015 kemarin, kami berencana untuk ikut salah satu popup market yang mengadakan event di Grand Indonesia.

Sang EO meminta profile dari setiap brand yang akan join event-nya mereka dengan spesifikasi tertentu.

Coba lihat email dari EO popup market tersebut terkait dengan proses keikutsertaan kami:

Dari email tersebut, kita bisa tentukan bahwa sang EO meminta hal-hal berikut ini: 

  1. Company profile – terkait background perusahaan
  2. Nama akun instagram
  3. Lookbook – terkait foto-foto produk
  4. Informasi keikutsertaan previous events, if any


Summed up
, informasi yang dibutuhkan oleh sang EO terdiri dari dua kategori besar:

  • informasi perusahaannya (bidang apa, jualannya apa)
  • informasi produk

Dan kedua informasi tersebut kami rangkum dalam bentuk brand profile agar kami dapat lebih menonjolkan nama brand kami.

Dan agar sejalan juga dengan salah satu tujuan kami untuk ikut popup market, yakni untuk brand awareness.


Informasi apa saja yang harus ada di dalam sebuah brand profile?

Walaupun semuanya tergantung dengan kebutuhan informasi dari calon partner teman-teman, ada general requirement tentang informasi apa saja yang perlu ada di dalam sebuah brand profile.


Cover title
, brand name highlight, brand name definition, contact, brief story of us, vision mission values, big bold detail of your products >> adalah 7 essentials dalam sebuah brand profile.

Cover title adalah tulisan judul di awal dokumen brand profile teman-teman yang menerangkan bahwa dokumen ini adalah brand profile dari brand tertentu dan exclusively prepared for xxx.

Coba teman-teman download file pdf ini atau file pages (yang editable) ini dari brand profile katakanya yang sudah jadi.

Di halaman pertama dari brand profile katakanya tersebut terdapat cover title dengan tulisan “This is Brand Profile of KATAKANYA — exclusively prepared for popup-nation event at Grand Indonesia 1-4 October 2015

Kata-kata “exclusively prepared for” tersebut adalah salah satu bukti yang ingin ditunjukkan ke calon partner kita bahwa kita memiliki effort lebih untuk mempersiapkan kerja sama dengan mereka.

Brand name highlight adalah tempat dimana nama brand teman-teman dipajang “besar-besaran” dan “mewah-mewahan”.

Maksudnya adalah bahwa disinilah tempat memperkenalkan nama brand teman-teman.

Perkenalan tentang brand juga perlu menceritakan apa yang dibawa dan diusung oleh brand teman-teman >> itulah bagian dari brand name definition.

Lebih lengkapnya, cek file pdf atau editable pages file-nya ya.

Contact adalah alamat yang bisa dihubungi oleh calon partner teman-teman jika ingin melihat brand teman-teman di luar dokumen brand profile ini.

Misalnya dari website, dari instagram, dari facebook, twitter, akun line, akun whatsapp, atau bahkan nomor telepon pribadi.

Untuk informasi contact, kami tuliskan di dalam satu halaman dengan brand name highlight kami.

Brief story of us adalah lahan untuk menceritakan awal mula tercetusnya bisnis dan tahun dimulainya bisnis teman-teman secara singkat.

Bisa juga dihubungkan dengan alamat blog teman-teman yang akan lebih banyak menceritakan “story of us“-nya.

Vision mission values adalah penjelasan tentang apa visi bisnis di masa mendatang, apa misi yang ingin dilakukan brand teman-teman di masa mendatang, dan apa values yang dipegang dalam berbisnis oleh teman-teman.

Pastikan bahwa semua statement vision mission dan values teman-teman tersebut adalah statement yang meyakinkan dan nggak boring. Enak dibaca dan do-able.

Apa gunanya meletakkan tulisan vision mission values dari brand teman-teman?

Statement vision mission values tersebut adalah statement yang membedakan brand teman-teman dengan yang lainnya. Dan bisa menjadi penentu jalinan kerja sama yang akan dilakukan dengan calon partner teman-teman.

Misalnya, yang berjualan baju rajutan bisa banyak sekali brand-nya, namun yang membedakan antara brand katakanya dengan yang lainnya adalah bahwa katakanya juga merupakan marketplace untuk lahan berjualan rajutan bagi teman-teman yang lain.

Dan bisa menjadi penentu terjalin atau tidaknya kerja sama dengan calon partner teman-teman, contohnya adalah jika katakanya ingin masuk ke hijup.com, dipastikan brand katakanya tidak akan bisa menjadi partner hijup, karena dua-duanya mempunyai visi menjadi marketplace, dan sangat kecil kemungkinan ada marketplace di dalam marketplace.

Dan bagian terakhir yang disarankan ada di dalam dokumen brand profile teman-teman adalah bagian big, bold, detail of products, yang adalah semua informasi mengenai produk teman-teman. Ini lahan free form untuk promosi produk teman-teman. Your creativity is the canvas.


Hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam sebuah brand profile?


bahasa

bahasa Inggris atau bahasa Indonesia? Semua tergantung audience teman-teman, walaupun kadang berbahasa Inggris (tidak bisa disangkal) akan lebih terlihat bergaya.

Bahasa formal atau non-formal? Juga tergantung target audience teman-teman. So due dilligence first.

struktur tulisan

saran saya jumlah halamannya diantara 2-5 lembar (tanpa bolak balik), sehingga struktur tulisannya dibuat compact. Padat. Informative. Kalaupun perlu ada cerita (seperti story of us) buat yang singkat dan jangan terlalu banyak kata sambung dalam satu kalimat.

perlu gambar?

Sangat! Manusia (termasuk juga calon partner anda) adalah manusia visual yang senang akan gambar. 

Saran saya, komposisi tulisan dan gambarnya minimal 50%-50%.


yang perlu ditonjolkan?

Produk! Kalau memungkinkan, buat 1 halaman full yang berisi gambar, cerita, dan penjelasan produk teman-teman.

Karena inti dari brand profile teman-teman adalah apa produk (atau jasa) yang akan ditawarkan.

alamat email pengirim

Sophisticated email name is a must! Jadi di dunia yang serba online ini, jika dokumen   teman-teman dikirimkan ke calon partner melalui email, maka alamat email teman-teman jangan sampai terkesan alay, seperti k4ny4Girl2012@blablabla.com.

Namun buatlah yang profesional seperti contact@katakanya.com atau info.katakanya@gmail.com.


Hal-hal yang sebaiknya TIDAK perlu diinformasikan di dalam sebuah brand profile

Informasi keuangan perusahaan! Nggak perlu menuliskan laporan keuangan perusahaan di dalam brand profile teman-teman jika memang tidak diminta oleh calon partner.

Too much information will kill you, bro!


Tool(s) yang dibutuhkan 

  1. Pages – untuk mengambil template dan melakukan editing dokumen brand profile teman-teman di smartphone (untuk creativepreneur mommy yang susah menemukan waktu tenang di depan laptop)
  2. Snapseed – untuk edit brightness dan ambience foto produk yang akan diletakkan di brand profile teman-teman (di smartphone, againnn untuk creativepreneur mommy yang hidup utamanya adalah untuk anak-anak dan suaminya, sedangkan bisnisnya adalah prioritas ke-2)

Wrapped, wrapped! Selesai! Tulisan di atas hanya saran yaa, pengembangannya seluas dan sebatas imajinasi teman-teman. 

Selamat membuat brand profile!

See ya, creative mommies!

Iklan

Ditulis oleh

Seorang Muslim. Seorang Ibu baru dari satu anak laki-laki (per sekarang :)) Memutuskan untuk memulai blogging sejak 2015 saat saya merasa butuh "bekerja" di samping tugas utama saya sebagai Ibu. Saya pernah bekerja di lingkungan kantoran di perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia selama 6 tahun lebih hingga tahun 2014. Pernah belajar Administrasi Bisnis juga. Dan belajar Teknik Informatika sebelumnya. Sekarang fokus "pekerjaan" saya di luar tugas utama adalah jualan dan manage blog katakanya.id ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s