Biar food photography nggak usah naik meja – apps untuk foodCreatives/foodie

Katanya supaya bisa dapet foto makanan dari sisi atasnya yang bagus, posisi smart phone-nya atau kameranya harus sangat flat sejajar dengan meja atau alas makanannya.

Jika ditarik garis lurus dari objek makanan atau minumannya ke arah kamera, harus membentuk sudut 90 derajat, nggak boleh lebih dan nggak boleh kurang satu derajat pun.

Katanya nanti gambarnya bakal miring kalau sudutnya pun miring.

Dan membuat hasil fotonya menjadi kurang menarik.

Hehe, terus terang saya bukanlah seorang foodie, food blooger, foodstagram, foodgrapher, atau seorang expert di fotografi, saya hanya pernah dapat informasi seperti itu dari seorang foodstagram yang earning from creating food content.

Jadi sang foodstagram ini menurut saya adalah seorang creativepreneur. Dia buat content berbentuk foto beserta ulasannya di blog-nya beliau, tentang makanan dan minuman, dan beliau dibayar oleh sang pemilik cafe, restoran, atau bahkan big company yang jual makanan atau minuman retail.

Bahkan, last time i checked, dia dikontrak oleh salah satu produsen gadget asal Korea dan juga operator seluler terbesar di Indonesia.

Nice, right! Beyond just food then.

Dia entrepreneur karena dia earning money from business(es) that he builds and he is a creative in the same time karena dia harus explore banyak ide untuk membuat content yang dia buat menjadi menarik.

Dari ceritanya, awalnya dia hanya “iseng” untuk cafe hoping dan memfoto makanan dan minuman yang dia pesan. Plus styling-styling makanan dan minumannya, biar nampak cantik difoto.

Dan itu dia lakukan bersama teman-temannya dan sepakat membuat hashtag tertentu untuk semua hasil foto mereka.

Ended up, karena hasil foto-foto makanan/minuman mereka memang kece, hashtag mereka berkembang menjadi besar dan banyak follower-nya.

Akhirnya pun sampai sekarang, beliau styling dan membuat content yang menarik untuk client-nya.

Nah, balik lagi ke tips buat foodCreatives, saya sebagai newbie dan totally-not-an-Expert di foto-foto makanan/minuman, sedang mencoba satu apps untuk food photography yang namanya Foodie.

Aplikasi ini fun dan ada satu feature yang bisa membuat foodie – foodie di dunia online ini jadi nggak perlu naik meja untuk mendapatkan foto makanan dari sisi atas dengan sudut terbaik.

Foodie keluaran Line corporation ini, bisa memberikan notifikasi berwarna kuning di layar smartphone kita, jika sudut kamera dengan alas makanan yang akan difoto sudah 0 derajat. Sudah sejajar posisinya.

Dan bisa pula memberi notifikasi jika sudutnya sudah tidak 0 derajat.

Setahu saya, per sekarang, belum ada aplikasi khusus fotografi makanan yang mempunyai feature ini.

Dan juga, sebagai tambahan, yang membuat aplikasi Foodie ini menjadi menarik dan fun to use adalah filter choices yang berdasarkan nama-nama makanan.

Ada 24 filter choices yang judulnya adalah: sweet, bbq, chewy. Ada juga yang gambar filter choice-nya adalah gambar kopi (khusus buat foto coffee in a cup), atau juga bergambar minuman di dalam gelas bening.

Atau khusus gambar ice cream. Atau khusus oranges, salad, telur dadar bahkan chips. Fun!

Ini adalah screen shot contoh pilihan filter choice-nya:      

   
  
Dan ini adalah beberapa gambar yang saya ambil dengan feature 0 derajat dari tanpa naik meja 😉, atau effort sejenis lainnya. Less effort lah.

   

  



Have fun taking pictures, FoodCreatives!

*some of the story inspired by mashable

*oia, creativepreneur a.k.a foodstagram yang saya ceritakan di atas, akun instagram-nya adalah @williamSudhana dan hashtag yang dibuat adalah #weTheFoodies ; i had met him once in one social media seminar he held in Jakarta.

*i make no agreement on all brands / names i stated above, i trully use and respect them, then i share

*love, see ya

Iklan

Ditulis oleh

Seorang Muslim. Seorang Ibu baru dari satu anak laki-laki (per sekarang :)) Memutuskan untuk memulai blogging sejak 2015 saat saya merasa butuh "bekerja" di samping tugas utama saya sebagai Ibu. Saya pernah bekerja di lingkungan kantoran di perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia selama 6 tahun lebih hingga tahun 2014. Pernah belajar Administrasi Bisnis juga. Dan belajar Teknik Informatika sebelumnya. Sekarang fokus "pekerjaan" saya di luar tugas utama adalah jualan dan manage blog katakanya.id ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s