19 rekomendasi popup market versi katakanya

Yaps! Sebagai salah satu ajang untuk brand awareness dari brand kita sebagai creativepreneur, popup market juga bisa menjadi ajang untuk melihat bagaimana pasar itu bekerja untuk produk kreatif kita. Plus tempat kita jualan produk kita juga.

Nah, katakanya sudah merangkum 19 nama-nama EO (berserta akun instagram-nya bila ada) yang merupakan event organizer bagi popup market yang ada di daerah Jakarta (dan sekitarnya).

19 nama popup market itu dikelompokkan lagi berdasarkan 4 lokasi yang berbeda, yakni mall, taman/kebun, kantor dan tempat konvensi yang besar seperti JCC.

Daftar 19 nama popup market tersebut adalah (urutan sesuai dengan kategori lokasi dan abjad):

Jenis popup market yang berlokasi di mall:

1. @brightspotmrkt

Ini adalah nama popup market legendaris yang pionir dalam menyelenggarakan event sejenis. 

Next event nya : no available info yet, sorry.

Segmen: youth 20 – 30 years old

2. @findersfair

Another breed from goods dept, just like brightspot market. Yes! EO dari event findersfair yang konsisten diadakan mingguan ini adalah sama dengan EO dari brightspot market, yakni goods dept. No wonder, konsepnya nampak rapih dan profesional

Next event: next sunday in a week.

Location: cilandak town square – citos

Segmen: range nya lebih lebar karena event mereka terdapat di mall di daerah pemukiman di daerah cilandak. So i guess the segment would be 15 – 55 years old.

3. @hype.id

Sejujurnya kami nggak terlalu banyak tahu tentang EO event ini, tapi karena mereka punya event di daerah prestisius di Jakarta, yakni di Pantai Indah Kapuk, so i guess it would be worth to take a look. 

Plus mereka pun merambah kota lain di luar Jakarta, yakni Surabaya untuk next event mereka.

Next event: 26-28 February 2016

Location: Galaxy Mall Surabaya

Segmen: dilihat dari profile instagramnya, range segmennya pun luas: ada baby, toddler, teenager, young adult. Summed up, it would be family segment then.

4. @ilovebazaarjkt

We also have no experience with this EO, namun sepertinya mereka punya kredibilitas yang baik dan konsisten untuk menyelenggarakan popup market mingguan di PIK.

Next event: 2-7 & 8-13 March 2016

Location: Summarecon Mall Serpong

Segmen: family, i think. Berdasarkan feed instagramnya yang menampilkan customer anak-anak dan juga melihat lokasi next event nya yang juga di daerah residensial

5. @jktcullpass

Jakarta Culinary Passport, it stands for. Jadi fokusnya pasti di jualan makanan ya. 

Next event: no info yet, sorry.

Segmen: melihat lokasi popup market yang sebelumnya di Mall Grand Indonesia, kami pikir fokus customer nya adalah active youth dengan range umur 20-30 tahun.

6. @localfestid

Another popup market in which focusing in local talent and entrepreneur.

EO ini barusan aja menggelar event terbarunya di tanggal 29-31 Januari 2016 kemarin di Surabaya. And they are coming to Bandung as well. Nice

Next event: no info yet, sorry.

Segmen: this kind of local support movement aims for 20-30 years old customer, active youth.

7. @localstrunk

Yes. Local support popup market too. But they have their online shop in localstrunk.com.

Popup market ini fokus di fashion items, dari baju hingga tas dan sepatu.

Yang uniknya, mereka menggelar popup market nya dalam rentang waktu yang relatif lebih lama dibandingkan local-based popup market yang lain.

Kalau popup market yang lain menggelar acaranya dalam rentang waktu 3-4 hari, localstrunk menggelar acaranya dalam periode satu bulan.

Current event di awal tahun 2016 ini saja punya periode dari tanggal 11 Januari hingga 7 Februari. Dan lokasinya selalu di tempat yang sama, tidak berpindah-pindah.

Next event: no info yet untuk periode setelah tanggal 7 Februari 2016.

Location: Mall Grand Indonesia, East Mall, near to Gramedia.

Segmen: active youth, 20-30 tahun. Mostly girl.

8. @marketmuseum

This event is, in my personal opinion, one of successful popup market in Jakarta town. Namanya sudah kondang dan selalu ramai dikunjungi orang-orang muda. Banyak juga public figure yang meramaikan acaranya di setiap kali mereka mengadakan event.

Next event: 12-14 Februari 2016

Lokasi: Mall Grand Indonesia West Mall Level 5.

Event selanjutnya ini khusus untuk tenant makanan.

Segmen: active youth with 20-30 age

9. @pickandpay_garagesale

Event ini adalah event bertipe garage sale yang menjual barang-barang pre-loved, tapi nggak menutup kemungkinan juga untuk jualan barang brand new.

Last event nya di 365 ecobar kemang pada akhir Januari 2016 yang lalu.

Sejujurnya saya belum pernah ikut atau datang di acara ini, tapi i think it would be worth to try.

Next event: no info yet, sorry. In which location, we do not know either, sorry.

Segmen: melihat feed foto-foto crowd nya di event terakhir, sepertinya event ini mengincar active youth dengan range yang sedikit lebar, 25-35 tahun.

10. @popupmarketid

It is said to be an annual event. And as the name speak for itself, the event is quite spectacular.

Next event: 10-13 March 2016

Location: Lotte Shopping Avenue

Segmen: teenager and active youth, 15-30 tahun. 

11. @popupnationid

Ini adalah pop up market kesayangan katakanya. Pop up market ini adalah tempat katakanya pertama kali menggelar dagangan di mall

Kalau dibandingkan dengan pop up market yang lain dalam daftar ini, popup market ini relatif lebih baru. Event pertama dia adalah di bulan Oktober 2015 yang lalu.

Dengan masih barunya popup market ini, harga booth nya relatif lebih murah dibanding yang sudah lebih lama dalam bisnis ini. 

Satu hal yang kami sangat suka dari EO popup market ini adalah bahwa mereka sangat care dengan tenant-tenant mereka. Mereka sangat support tenant-tenant mereka untuk mendukung jualannya berhasil saat acara berlangsung.

Personal like dari katakanya untuk popupnation!

Next event: 26-28 Februari 2016

Location: Lippo Mall Kemang

Segment: active youth, 20-30 years old.


Jenis popup market yang berlokasi di taman atau kebun:

12. @jakartavintagemarket

As the name resound, ini adalah popup market untuk barang-barang vintage. Barang-barang yang mempunyai umur lebih dari 20 tahun, ataupun replikanya.

Jadi jenis barang yang akan didapatkan di popup market ini adalah jenis barang yang banyak beredar di tahun 90an, 80an, 70an, 60an dan seterusnya.

Next event: 28-29 Mei 2016

Location: Taman Menteng

Segmen: 25-50 tahun

Jenis popup market yang berlokasi kantoran:

Not much to say kalau untuk bazar yang di kantoran ya. Segmennya sudah pasti. Dan tipe barangnya adalah makanan dan fashion items.

13.@entaurora

Untuk EO ini, kami belum punya pengalaman dengannya, jadi kami belum bisa memberikan testimonial.

Next event: 27-29 April 2016

Location: sucofindo building 2nd Floor.

Segmen: 25-35 tahun.

14. @iprojectid

Next event: no info, yet, sorry. Last event mereka di sampoerna strategic square tanggal 2-5 Februari 2016

Segmen: 25-35 tahun

15. Bazar di Graha Mandiri (no ig account)

Next event: 23-25 Februari 2016

Segmen: 25-35 tahun

Contact person: 0888 0497 5217

16. Bazar di Plaza Bapindo (no ig account)

Next event: 9-12 Februari 2016

Segmen: 25-35 tahun

Contact person: 0888 0497 5217

17. Bazar di kantor walikota Jakarta selatan

Next event: 2-4 Maret 2016

Segmen: 25-35 tahun. Pegawai Negeri.

Contact person: 0888 0497 5217

18. Bazar di Jamsostek Gatot Subroto

Next event: mereka mengadakan event tiap dua minggu sekali. Lokasi nya di lantai 1, satu jajar dengan atm bank mandiri.

Segmen: 25-35 tahun

Contact person: i lost it, jadi kalau berminat tanya saja dengan security di lantai itu. Maaf ya. Atau kalau beneran mau, let me know ya, saya coba nyalakan kembali blackberry saya 😄


Jenis popup market yang berlokasi di tempat konvensi besar:

19.@popconasia

Event ini lebih ke creativepreneur di bidang grafik, gambar, komik dan yang sejenis. Mereka menyebutnya sebagai pop culture

Next event: 12-14 Agustus 2016

Lokasi: JCC

Segmen: teenager 13-19 tahun, dan extended active youth 20-35 tahun.

And thats a wrap! Ini adalah daftar 19 nama event organizer untuk popup market di daerah Jakarta dan sekitarnya.

Sampai bertemu di event-event popup market yang akan datang, creatives!

Oia, tiny note: kalau ada yang mau tau harga prakiraan booth-nya, do not hesitate to reach me: 0812 8709 6846. Thanks!

Iklan

Ditulis oleh

Seorang Muslim. Seorang Ibu baru dari satu anak laki-laki (per sekarang :)) Memutuskan untuk memulai blogging sejak 2015 saat saya merasa butuh "bekerja" di samping tugas utama saya sebagai Ibu. Saya pernah bekerja di lingkungan kantoran di perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia selama 6 tahun lebih hingga tahun 2014. Pernah belajar Administrasi Bisnis juga. Dan belajar Teknik Informatika sebelumnya. Sekarang fokus "pekerjaan" saya di luar tugas utama adalah jualan dan manage blog katakanya.id ini.

One thought on “19 rekomendasi popup market versi katakanya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s