2 hal penting untuk mommy mommy masa kini

  
Yeps, dua hal itu adalah:

1. Update daftar belajar anak >> update ilmu tentang perkembangan anak
Dan
2. Update daftar achievements / pencapaian perkembangan anak

Sounds simple dan tipe kegiatan yang “ya iyalah” ya, teman-teman? Hehe, tapi saya secara pribadi memang perlu daftar pengingat dan merasa harus terus update tentang dunia parenting dan teman-temannya.

Ok, tentang update daftar belajar anak, sumber saya selama ini adalah internet, buku atau ikut kelas-kelas trial baby class, selain advice dari orang tua dan teman-teman juga.

Yang saya lakukan selama 10 bulan lebih ini mempunyai anak, per 2 minggu sekali saya pasti googling keywords berikut:

– Stimulasi bayi 10 (atau berapapun umur bayi/anak teman-teman) bulan

– kegiatan bayi (n) bulan

– bayi (n) bulan

– baby (n) months

Poin-poin stimulasi atau kegiatan yang perlu dilakukan dalam satu bulan mendatang dicatat dalam daftar belajar anak. Dan kemudian diterapkan dalam kegiatan sehari-hari.

Sedangkan untuk daftar update achievements anak, poin nomor dua dari hal-hal yang perlu dilakukan mommy mommy masa kini, dibuat berdasarkan hasil pencapaian anak, dikelompokkan berdasarkan umur bulan/tahunnya.

Misalnya, pencapaian anak saya bulan ke-9 adalah: 

toss

– berdiri 3 detikan

– berdiri dengan usaha sendiri

– naik tempat tidur sendiri

– jongkok

– bungkuk

take and give

– naik tangga tanpa bantuan

– cium saat diminta “cium”

rembetan

Dan nanti setelah umurnya bertambah 1 bulan/tahun lagi, daftar belajar dan daftar pencapaiannya dibuat baru lagi.

Tujuan mempunyai daftar belajar anak dan daftar pencapaian anak adalah kita sebagai orang tua mempunyai target yang terukur. 

Layaknya kita kerja punya KPI – Key Performance Indicator dalam tiap periodenya, nah untuk perkembangan anak, perlu juga ada Performance Indicator-nya.

Apalagi umur anak kita berada di masa periode emas, stimulasi dan membuat target belajar perlu dilakukan oleh setiap orang tua. 

Tapi, kalaupun perkembangan anaknya belum bisa mencapai target berdasarkan daftar belajar tersebut, padahal sudah ada stimulasi sebelumnya, saya sarankan untuk take it easy saja. Mungkin memang belum waktunya. Tapi kita tetap melakukan stimulasi di setiap harinya. 

Oia, berdasarkan pengalaman baru-baru ini, saya juga menambahkan poin-poin daftar belajar anak dari hasil ikut trial class di salah satu tempat bermain bayi. 

Karena letaknya yang relatif dekat dengan tempat kami tinggal, kami mencoba baby class di gymboree di pejaten village. Bahkan sampai dua kali mencoba kelas trial nya, satu untuk kelas play dan satu lagi untuk kelas music. Its all free, yippeee!

Poin-poin di daftar belajar anak yang saya tambahkan setelah ikut trial class itu adalah sebagai berikut: 

– latihan masuk dan keluar terowongan

– bermain bola bertekstur 

– latihan tidy up – merapikan bekas mainan

Seingat saya, kegiatan tersebut tidak (belum) disarankan untuk dilakukan oleh orang tua saya. Pun saya belum menemukannya dalam internet ataupun buku. Good new knowledge (for me) ya!

And as a full time mommy, saya merasa harus terus update ilmu tentang merawat dan mendidik anak, dari sumber manapun. Harus bener-bener pinter memanfaatkan media sekeliling. Dan harus terus merasa nggak puas tiap harinya, supaya terus mencari update-an. Karena kita berkejaran dengan waktu, anak kita semakin besar setiap harinya, jangan sampai ada skill yang kita belum stimulasi. 

For me, it is a very challenging jobs ever. Karena hasil kerja kita ini adalah hidup dan masa depan bagi seorang manusia. Atau bahkan bagi sebuah peradaban. Plus hasil kerjanya pun butuh waktu seumur hidup untuk terlihat hasilnya.

Hihi, i think its enough for the sharing this time around. See you some other time. I still have one thing in mind for my next mommy mommy blog >> about the vision for the child. Hehe. Intinya (target) mau jadi apa si anak kita. Apa iya, kita perlu nargetin, anak kita mau jadi apa?

In the meantime, Happy learning, happy parents!

Semangat, mommy mommy!

Dan selamat hari Ibu, hari ini, 22 Desember 2015 untuk semua mommy mommy masa kini

Oia, ada note ya:

saya sepenuhnya tidak melakukan afiliasi dengan semua merek yang saya sebutkan di atas. Saya hanya benar-benar melakukan apa yang saya coba dan saya tulis. Dan tidak ada bayaran bagi saya jika teman-teman juga menggunakan merek yang sama ya.
Thanks

Iklan

Ditulis oleh

Seorang Muslim. Seorang Ibu baru dari satu anak laki-laki (per sekarang :)) Memutuskan untuk memulai blogging sejak 2015 saat saya merasa butuh "bekerja" di samping tugas utama saya sebagai Ibu. Saya pernah bekerja di lingkungan kantoran di perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia selama 6 tahun lebih hingga tahun 2014. Pernah belajar Administrasi Bisnis juga. Dan belajar Teknik Informatika sebelumnya. Sekarang fokus "pekerjaan" saya di luar tugas utama adalah jualan dan manage blog katakanya.id ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s