5 aplikasi berguna untuk creativepreneur mommies

 Assalamualaikum!

Yeps, sebagai seorang mommy, Ibu, dan juga menjalankan bisnis kreatif, tantangan mendasar yang saya alami adalah cara mengatur jadwal dan cara juggling antara satu hal dan hal yang lain. 

Most of my daily times is for my 6.5 months old baby. Itu prioritas utama saya. Dan bahkan karena bayi saya sudah mulai tertarik untuk berdiri, saya berusaha semaksimal mungkin untuk tidak melepaskan pandangan dari si bayi.

Otomatis jadwal untuk mengurus my other baby, katakanya – a place for wearable crochet ini, jadi sedikit molor. Gak sedikit si sebenarnya, hampir semuanya molor

Terutama untuk kegiatan marketing dan design baju rajutnya katakanya. Kegiatan yang crucial dari bisnis yah: produksi dan jualan.

Tapi thanks to technology! Alhamdulillah. Dengan adanya smartphone, hidup saya menjadi lebih mudah 😁 (Sedikit berlebihan).

Buat saya, dengan adanya smartphone , kegiatan produksi dan marketing saya jadi tetap berjalan walaupun tetap tidak lepas dari si bayi. Tapi tenang, saya hanya memegang smartphone kalau si bayi sedang merem saja kok.

Jadi cerita singkatnya adalah saat bayi sedang menyusui di pelukan saya dan sudah merem (tapi kalau di-taro di tempat tidur bakal bangun dan nangis) saya mulai bekerja dengan 5 aplikasi ini:

1. Notes 

Untuk mencatat semua to-do list dan pending items.

It’s crucial having it. Dan lebih penting lagi untuk  menyimpan dengan rapi isi dari notes itu.

Isi dari notes saya ada 3 jenis:

Jenis pertama: judulnya target tahunan. 

Isinya semua mimpi dan pencapaian sepanjang tahun. Bisa juga mimpi 5 tahunan atau 10 tahunan. Contohnya revenue katakanya per Desember 2015 adalah 5 juta idr.

Jenis kedua: judulnya to do list minggu ini (tanggal awal minggu – tanggal akhir minggu). Isinya adalah kumpulan action items yang perlu selesai dari hari Senin hingga hari Minggu. Yess, saya bekerja full week, layaknya bekerja sebagai mommy dari bayi saya, bekerja menjadi mommy bagi katakanya juga full time dan full day.

Jenis ketiga: judulnya to do list hari ini (tanggal hari ini). Isinya break down list dari judul to do list mingguan. Semua yang harus selesai di hari itu juga.

Kemudian jika ada yang missed (yang pasti banyak), selalu di-update di notes periode berikutnya.

2. Phonto

Text on photos. Itu gunanya phonto.

Karena salah satu media marketing katakanya adalah instagram dan sangat bergantung pada content gambar yang menarik, terkadang saya perlu untuk menambahkan tulisan di atas foto itu, agar lebih merepresentasikan maksud dari fotonya at the first place.

Jadi pagi-pagi, saat bayi masih tidur tapi matahari sudah naik, mulailah membuat stock foto untuk kemudian nanti sepanjang hari dilakukan editan atau ditambah tulisan.

Jadi gak perlu pc dan repot.

Anw, phonto juga bisa buat blank white background dengan tulisan di atasnya lho. Bagus juga buat postpost di instagram.


3. Snapseed

Kalau phonto buat menambahkan tulisan di foto, snapseed buat edit foto yang sudah dibuat stock itu.

Feature yang paling banyak dipakai adalah tune image > brightness dan ambience.

Keliatan bedanya si, antara foto diedit sama yang enggak:

Ini foto asli:  

Dan ini foto hasil editan snapseed:

 
Their difference speaks for itself ya …
4. Pages

Nah, kalau pages ini membantu saya membuat dokumen-dokimen cantik.

Karena dia punya templates yang menarik dan mudah di-edit, saya terbantu untuk membuat brand profile katakanya dengan pages ini.

Hanya perlu stock foto yang sudah ada plus tambahan kata-kata cantik,  brand profile katakanya jadi hanya dalam waktu 2 jam menyusui sambil menemani bayi tidur.

Awalnya saya install pages untuk membuat dokumen berbentuk table.
5. WordPress

Nahhh, kalau yang ini sih, buat nulis ide dan mempublikasikannya, tanpa perlu nunggu waktu buat buka pc.

Plus juga untuk mencari inspirasi dengan bloghopping.
Demikian 5 aplikasi mobile yang memudahkan hidup saya.

Memang saya belum coba semacam notes apps yang punya alarm reminder untuk setiap meeting atau missed deadline seperti evernote misalnya.

Atau apps semacam financial manager yang tracking cost beserta profit loss-nya.

Ill share something later about that ya.
Keep on create things, creative mommies!

(First pict in this post taken from artofclick.com )

Iklan

Ditulis oleh

Seorang Muslim. Seorang Ibu baru dari satu anak laki-laki (per sekarang :)) Memutuskan untuk memulai blogging sejak 2015 saat saya merasa butuh "bekerja" di samping tugas utama saya sebagai Ibu. Saya pernah bekerja di lingkungan kantoran di perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia selama 6 tahun lebih hingga tahun 2014. Pernah belajar Administrasi Bisnis juga. Dan belajar Teknik Informatika sebelumnya. Sekarang fokus "pekerjaan" saya di luar tugas utama adalah jualan dan manage blog katakanya.id ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s